About The Money

Written on 08:13 by Novi Tata

Program saving saya belum berhasil. Tapi saya terus akan mencobanya. Kemarin, hari Minggu, niatnya cuma mau anter sepupu kecil potong rambut. Eeeh emang dasarnya wanita ya, selalu ingin ini ingin itu, laper mata deh pokonya. Hua padahal dengan sekuat hati saya udah mencoba untuk ga tertarik sama berbagai treatment yang ditawarkan sama salon. Facial, masker rambut, creambath,.. dan akhirnya saya memutuskan untuk facial. Padahal, ga ada anggaran untuk facial, untuk ke salon. Tuhan, maafin sayaaa.. belum bisa konsisten sama anggaran yang sama buat, sama komitmen saya.

Ternyata butuh komitmen yang kuat buat ga tertarik sama hal-hal yang ga perlu. Kalo perlu pake kacamata kuda sekalian, hehe. Apalagi yang namanya cuci mata di mall, huh itu sumber utama pengurasan kantong. Huhu saya akui memang saya suka gelap mata kalau sedang memegang uang berlebih. Suka mikir ingin ini ingin itu. Padahal mesti tau yang mana yang butuh dan mana yang hanya sekedar ingin.

Yang saya tahu, seberapa pun besar penghasilan yang dimiliki, akan tetap tidak cukup jika kita terus-menerus mengikuti keinginan yang tak ada habisnya. Bukankah orang yang terkuat adalah orang yang mampu menahan hawa nafsunya? termasuk nafsu/keinginan untuk belanja hal-hal yang memang tidak perlu.

Lalu bagaimana jika seluruh hal-hal yang dibutuhkan sudah tercukupi? Ya bolehlah sedikit memanjakan diri dengan hal-hal yang diinginkan. Saya bilang, sedikit lho. Nggak boleh gelap mata membelikan seluruh uang yang ada di rekening kita.

Pada intinya, kita perlu menetapkan skala prioritas. Skala prioritas berisi segala sesuatu kebutuhan kita dan diurutkan berdasarkan tingkat kepentingannya dan 'kemendesakannya'. Sesuatu yang penting dan mendesak, sesuatu yang penting tapi tidak mendesak, sesuatu yang tidak penting dan mendesak, dan sesuatu yang tidak penting dan tidak mendesak. Saat mendapatkan bonus tambahan, bukan berarti untuk berhura-hura, shoping sana-sini, dan akhirnya penyesalan lah di ujungnya. Semoga saya ga hanya bisa bicara dan berkoar-koar saja melalui blog ini. Semoga saya bisa merealisasikan pemikiran-pemikiran yang ada di benak saya ini. Semoga.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar