Hidup Di Jakarta Itu (Gak) Enak

Written on 22:52 by Novi Tata


Kurang lebih udah 2 bulan magang di BPS, rasanya? Seneng, sedih, capek, bosen semua jadi satu. Dari mulai ga ada kerjaan sama sekali, sampe bingung mau ngapain. Sampe diuber-uber sama kerjaan sampe agak susah buat ngerjain yang lainnya. Ya tapi inilah hidup, representasi dari kehidupan yang sebenarnya. Adakalanya hidup penuh kesenggangan, namun di lain waktu begitu sempit.

Waktu istirahat siang kayak gini aja masih sambil ngerjain tugas sambil nyempetin bikin tulisan ini. Mungkin tulisan ini emang gak berguna apa-apa buat orang banyak, tapi jelas sangat berguna buat saya. Lumayan bisa dibaca-baca lagi saat saya sudah pergi ke daerah misalnya. Entah daerah mana nanti tempat saya kerja, masih belum terdefinisi dengan jelas.

Sebenernya sih saya bosen, bahkan boseeen banget sama semua rutinitas ini. Rutinitas yang hampir sama dari hari ke hari. Selepas sholat subuh harus bersiap ke kantor, kemudian sekitar jam 6 pagi mengejar-ngejar busway Trans Jakarta. Beruntung kalau buswaynya datang cepet, kalau lagi agak ga beruntung ya lama. Ditambah cuaca Jakarta di bulan Januari ini yang kurang menentu. Sebentar hujan sebentar panas. Kalau panas sih jalanan biasanya lancar-lancar aja. Tapi kalau hujan, orang Jakarta udah pasti hafal apa yang akan terjadi di jalanan. Yap macet..

Seperti beberapa hari yang lalu, pagi hari sejak subuh Jakarta diguyur hujan hingga waktu berangkat kerja tiba. Bener aja, maceet sepanjang jalan. Ditambah lagi ada busway mogok di daerah Matraman. Lengkaplah,, Para magangers banyak yang terlambat datang, ada yang lewat dari jam setengah 8, bahkan ada juga yang lewat dari jam 8.

Sampai di kantor, ngerjain sesuatu yang bisa dikerjain sambil nunggu jam 4 tiba. Nah kalau udah jam 4, perjuangan kami buat kembali ke kosan/kontrakan masing-masing pun dimulai. Nah kalau untuk pulang, ada dua moda transportasi yang bisa menjadi pilihan. Pertama busway yang waktu tunggunya nauzubillah lamaa (eh ga selalu lama ding). Untung-untungan banget deh kalau naik busway sore hari. Kalau pas lagi untung, ya dtengnya cepet plus dapet tempat duduk. Tapi kalau lagi ga hoki, bisa lumutan tu nungguin pak sopir bawa busway. Pernah dulu, waktu yang terlama nunggu busway sekitar 1,5 jam.

Opsi kedua selain naik busway adalah naik angkot. Saya sih lebih prefer naik angkot, soalnya 100% dapet kursi, pasti duduk maksudnya. Ya meskipun kadang-kadang ditimpa matahari sore yang ga kalah menyengat dibanding matahari siang.

Biasanya saya sampai di kontrakan tercinta jam setengah 6, ada waktu sedikit untuk nonton serial korea sambil melemaskan otot-otot kaki. Sambil nunggu magrib tiba juga. Selepas isya semua kerjaan yang saya rasa wajib diselesaikan biasanya udah selesai. Sambil nunggu ngantuk datang, biasanya saya pakai untuk membaca buku-buku yang belum sempet dibaca, sambil dengerin radio. Ya kadang-kadang juga sambil sms temen sekedar tanya bagaimana kabar mereka hari itu. Atau sekedar ngobrol santai sama adek-adek di kontrakan. Semenjak magang saya membiasakan diri untuk tidur lebih awal, biar bisa bangun lebih awal. Sebenernya emang karena badan pegel-pegel juga, hehe.

Kembali lagi ke kebosanan saya yang hampir melampaui tingkat ambang batas, Jenuh jenuh jenuuh pokonya. Tapi kalau mau melihat lebih jauh, ternyata banyak orang-orang yang menginginkan untuk menjadi saya (masa?). Maksudnya, kalau dipikir, saya ini udah enak banget, udah ga pantes lagi saya berkeluh kesah yang nggak jelas.

Kenapa ga boleh ngeluh-ngeluh? Ya jelas dong. Pekerjaan yang harus dikerjakan masih bisalah di handle. Akses internet full di jam kerja, lha makanya itu saya bisa nulis siang-siang gini. Kadang sering terlintas di benak saya mereka-mereka yang pekejaannya cukup "rekoso". Abang angkot, yang harus panas-panasan cari sewa demi mendapat uang setoran. Harus rela menghirup asap knalpot dari kendaraan lain. Harus rela duduk seharian sepanjang perjalanan yang katanya itu ga baik buat kesehatan ginjalnya. Ya semua itu demi sebuah tanggung jawab sebagai seorang ayah juga sebagai seorang suami.Udah udah sekarang tugas kita adalah menjalankan segala peran kita dengan sebaik-baiknya, apapun itu.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar