GIMP dan Inkscape

Written on 00:53 by Novi Tata

Pfiuuh, seharian ini menggeje dengan mengutak-atik mainan baru. Mainan baru? He iya ini dapet mainan baru yang bisa ngutai atik foto, tapi bukan photoshop. Ini free license, namanya GIMP. Dan ada lagi satu temannya yang juga free license yang namanya Inkscape. Nah kata orang-orang yang udah pada ahli, inkscape ini fungsinya mirip-mirip sama corel draw. Tapi ya namanya free license pasti ada fitur-fitur yang tidak tersedia seperti yang disediakan di corel. Untuk pemula yang sangat abal-abal seperti saya cukuplah. Udah ga sabar nih mau kasih unjuk hasil karya pertama saya, haha.


Saya bukannya suka sama warna hitam putih. Cuma saya memang belum nemuin gimana cara mewarnai gambar, hiks. Kalau agan-aganwati tau, boleh share dunk. Kalau mau buat kaligrafi juga bisa pake inkscape. Oia daritadi saya ngomong tentang free license mulu tanpa ngejelasin apa itu free license. Jadi, software free licence itu bisa digunain oleh siapa aja, dari bapak-bapak, anak-anak, ibu-ibu, mahasiswa, bahkan balita pun boleh asalkan udah bisa mengoperasikan komputer. Gak perlu membayar lisensi produk. Selain itu, software tersebut boleh dikembangkan kalau memang mau mengembangkannya. Istilah kerennya itu, General Public License (GPL).

Kalo ada yang free license, untuk apa beli produk yang berbayar tapi bajakan? Bukannya itu termasuk mencuri ya..? Kalau kita belajar tapi sarana dan prasarananya kurang jelas keabsahan pemakaiannya, terus gimana dong sama ilmunya nanti? Berkah ga ya? Mulai dari diri sendiri, say no to bajakan... Saya yang masih sangat awam di dunia per-software-an udah ngomong macem-macem ni. Haduuh semoga bukan sok tau ya. Jadi, please correct me if i wrong yaa.. cmiiw.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

6 Comments

  1. Unknown |

    kunjungan ..:)

     
  2. Novi Tata |

    terimakasih udah mampir nisha, :)

     
  3. Millati Indah |

    Kan ada pilihan warnanya..

     
  4. Elock |

    aku udah pernah nyoba GIMP, tapi laptop gak kuat, maklum cuma netbook..:(

     
  5. Gugun |

    pernah dengar tp paling2 saya cuma pake paint soalnya jarang bikin2 gambar hehe, oya mampir ya ke blogku http://www.idebagusku.com

     
  6. Novi Tata |

    mb Millati : hehe nanti mau explore lg mb, :)
    elock : ganti netbook lok,, ^^V
    gugun : sip udah mampir barusan, keep blogging..

     

Posting Komentar