No Gaptek Please..

Written on 01:31 by Novi Tata

Hampir satu bulan ini aku menemani seorang anak SD kelas 1 untuk belajar. Namanya panggilannya Chris. Anaknya lucu, imut, dan yang terpenting adalah nurut. Kalau sudah agak bosan belajarnya, terlihat banget dari ekspresi wajah dan sikapnya. Anak kelas 1 SD jaman sekarang sangat berbeda sama anak kelas 1 SD jamanku dulu, sekitar tahun 1996. Seingatku dulu pelajarannya hanya matematika, bahasa indonesia, dan yang lain lupa deh apalagi. Kemarin aku iseng tanya sama Chris pelajaran apa saja yang diajarkan di sekolahnya. Wuaa ternyata ada 17 mata pelajaran, itupun sepertinya masih ada yang terlupakan. Dia sudah belajar bahasa inggris, komputer, bahasa mandarin (yang ini aku blank bangeet), dll.

Aku masih ingat banget dulu mulai belajar bahasa inggris kelas 5 SD. Itu pun masih sangat standar, tentang greeting. Pas masuk sekolah menengah pertama di SMP 9 Tangerang, masih belum tau apa-apa sama sekali mengenai tenses dalam bahasa inggris. Hasilnya setiap ulangan harian dan mengerjakan tugas-tugas di sekolah hasilnya jeblok. Pernah, suatu hari aku dan sebagian besar teman sekelasku tidak mengerjakan tugas rumah, gurunya pun berang dan kami disuruh mengerjakan tugas itu di luar kelas. Istilah kerennya mah lesehan, hehehe.

Pelajaran komputer malah lebih parah lagi. Percaya atau tidak, aku baru mengenal komputer kelas 1 SMP. Itupun seminggu sekali saja jadwalnya. Huaa, tertinggal banget ya. Pertama kali pelajaran komputer a.k.a TIK, menyalakan komputer saja gak tau gimana caranya. Jauh tertinggal sama anak pak guru yang usianya sekitar kelas TK atau 1 SD. Kadang anak kecil itu main ke sekolah (lab komputer) dan memainkan game kesukaannya. Aku yang kala itu masih pemula dalam menggunakan komputer sampai berdecak kagum. Pernah juga suatu ketika aku kurang berhati-hati sampai kena setrum dari komputer laboratorium sekolah.

Di SMA, kalau bahasa inggris udah lumayan. Apalagi pelajarannya sering banget mengulang pelajaran pas SMP. Jadi udah ga begitu terkendala dalam belajar bahasa inggris. Nah kalau komputer masih cupu juga di SMA. Laboratorium komputernya cuma ada 1 padahal jumlah siswa yang satu angkatan sama aku aja ada 9 kelas. Jadi kalau dihitung sama kakak kelasnya juga, jumlah siswa saat itu ada 27 kelas kalau rata-rata tiap angkatan adalah 9 kelas. Jumlah komputer di laboratorium itu juga relatif sedikit, hanya sekitar 30 unit komputer. Dari sekian banyak komputer, hanya 2 sampai 3 saja yang terkoneksi dengan internet. Nah, gak heran makanya kalau kami hanya bisa belajar komputer sekali dalam seminggu. Materi yang dipelajari pun hanya office.

Internet. Penemuan yang luar biasa yang biasa kita sebut internet udah bikin pola hidup banyak orang berubah. Kalau jaman dulu berkirim kabar sama kerabat butuh waktu banyak. Sekarang bisa real-time bahkan bisa tatap muka melalui video conference. Aku baru mengenal internet di kelas 3 SMA. What?? Iya, terlambat lagi ya aku mengenalmu, cieeh. Waktu itu warnet di daerah kami masih sangat jarang. Kalau pun ada, harganya selangit. Biasanya aku dan teman-teman mendatangi warnet untuk mencari informasi dunia perkuliahan. Sampai informasi tentang kampusku juga kudapatkan melalui internet. Makasi ya interneet, hhaaha. Pernah juga aku dan teman-temanku ke warnet cuma sekedar chatting. Saat itu kami pikir semua yang dikatakan orang yang sedang chatting melalui internet adalah benar. Ternyata tidaak, banyak hoax-nya.

Karena di sekolah terbiasa menggunakan disket untuk media penyimpanan data, jadi aku belum tau yang namanya flash disk saat kuliah di tahun pertama. Bahkan aku minta diajari untuk menggunakan flash disk sama temen kosku.. Hahaa, memalukan. Akhirnya di tahun pertama aku membeli flash disk pertamaku, Kingston 1 GB. Flash disk itu kugunakan untuk menyimpan tugas-tugas perkuliahan hingga beberapa mp3. Di hari pertama tahun kedua ternyata aku dijuruskan ke jurusan yang ada komputer-komputernya gitu.. Huuhu what a shock day is it. Teman-teman yang memiliki nasib sama sepertiku ada yang histeris, hingga ada juga yang menangis tersedu-sedu. Aku tetep stay cool padahal sedih dan bingung juga. Bingung kenapa aku yang masih gagap sama teknologi itu dijuruskan ke jurusan yang berbau teknologi. Satu yang ada di kepalaku saat itu. Aku belum punya komputer dan mau gak mau harus beli buat belajar. Hingga akhirnya di tengah tahun kedua alhamdulillah komputer pertamaku terbeli juga.

Komputerku itu ternyata lebih banyak dipakai untuk nonton film dan main game Plants vs. Zombie.. haha. Game itu bikin addicted banget. Rasanya belum puas kalau belum menamatkan game itu. Dan sekarang alhamdulillah udah tamat *bangga mode*. Seiring berjalannya sang waktu, aku naik ke tingkat 4 dan skripsi sudah menghadang. Kebutuhanku akan komputer sudah lebih kompleks. Aku butuh komputer yang fleksibel untuk di bawa kemana-mana. Berbekal tabunganku dan ditambahin sama ibu juga, akhirnya alhamdulillah aku bisa membeli ASUSku saat ini. Hehee, dia yang menemani aku saat mengerjakan skripsi. Pernah deh dia 12 jam hidup terus karena aku lupa mematikannya. Saat itu aku belum pakai hibernate otomatis. Aku akui dia laptop yang cukup handal,, haha, bukan promosi ye wong kagak dibayar. Dia yang menemani aku seminar, menemani aku sidang. Next, aku belum punya tablet pc ni sekarang. (#hlo?)..

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

6 Comments

  1. Millati Indah |

    Aku bisa pake komputer baru pas kuliah. Sebelumnya mah gaptek abis.

     
  2. a puzzle of dheewindra |

    hihi samaa nov..

    Dulu tuh inget banget dapet tugas PKN kelas 1 SMA disuruh nyari arti Negara, Negarawan, Republik, dll di internet. Pas nyampe warnet bingung mau ngapain. Kata mas2 yg jagain ketik google di bagian atas, eh aku malah ngetik geogle, pantes ga nemu-nemu -...-

    Dan dulu tuh tiap ada tugas apaa aja, pamungkasnya pasti pake word, dan yg di'desain' paling lamaa itu malah judulnya, pake word art gituu, hahaha

     
  3. Elock |

    dulu pas awal2 SMA belum punya komputer, tiap ngerjain tugas selalu ke rental, udah gitu masih pake disket dan selalu kena virus di komputer rental..
    Trus setuju bgt sm dini, bikin formatnya lama, pake wordart, milih jenis huruf aja lama banget..hihihi..
    eh tp aku kenal internet udah dr kelas 6 SD lho, email pertamaku dibuat waktu kelas 1 SMP di plasa.com (masih inget bgt) ahhahaha..bangga...

     
  4. Novi Tata |

    yang penting kn skrg udah bisa ya mb, ahli malah.. :)

     
  5. Novi Tata |

    geogle? hahaha...
    iya bikin cover pake wordArt tu dulu,, milih yang paling bagus mnurut kita tu susah :)

     
  6. Novi Tata |

    kelas 1 smp?
    wah aku belum kenal sama sekali sm email tuh..
    malah masih suka surat2n lewat pos :)
    hehe

     

Posting Komentar