Jangan Ragu untuk Katakan Tidak

Written on 11:20 by Novi Tata

Alhamdulillah akhirnya bisa nulis lagi setelah sekian lama ga nulis, halaah. Berapa yang lalu aku ditawari pekerjaan sama temen. Pekerjaannya emang ga susah, cuma merapikan file excel. Pas ditawari, tanpa pikir panjang aku terima tawaran itu. "Sanggup? Harus kelar lho.", kata temenku. Aku jawab, "siaaap". Aku pikirnya, ah cuma excel pasti bisa lah. Ternyata ada 10700-an baris. Emaaak... Sombong banget emang aku. Menggampangkan hal-hal kecil. 

Dimulai dari hari Kamis tugas itu resmi aku kerjain. Sebenernya si temen minta di kumpulin esok harinya, Jum'at. Aku udah ngeluh-ngeluh ga bakal bisa. Bener-bener puegel soalnya. Pas hari Jum'at baru menyelesaikan 2000 baris, baru 20 persen. Hiyaaa... Si temen terus nyemangatin dan ngasih penundaan, oke Sabtu juga gapapa. *Huah legaa*. Pas hari Sabtu ternyata masih ada sekitar 4000 baris lagi yang belum dikerjain,, huaaa mau ngomong apalagi coba. Padahal udah berusaha, bahkan keluar kamar cuma untuk beli makan, mandi dan shalat. Si temen bilang lagi, oke kirim aja yang udah selesai dikerjain, sisanya akan ditunggu. *Legaa lagi*. Pas Minggu pagi udah ada inbox masuk yang berisi tagihan tugas, isinya adalah kumpul tugasnya paliiiiing lambat hari ini yaa. *Jegerrr*. Aku bilang propinsi X belum kelar. Si teman bilang lagi, sampe tengah malem juga gpp. Udah ditoleransiin berapa kali aja nih. Finally, hari Minggu jam setengah sebelas malem baru beres semuaah. Senengnya hampir sama kayak baru selesai ngerjain tugas yang dikasih sama dosen pembimbing saat skripsi. Rasa-rasanya pengen lompat dari balkon kosan, hahahahh.

Pelajaran yang bisa diambil dari momen kali ini adalah jangan terburu-buru mengiyakan permintaan atau tawaran orang. Bagaimana pun kita hanyalah manusia biasa yang memiliki berbagai keterbatasan. Terbatas waktu, tenaga, pikiran, dan lain sebagainya. Memang benar, kita harus bisa cepat dalam mengambil keputusan. Namun kalau hanya cepat saja tidak cukup, keputusan yang diambil juga harus tepat. Percuma saja kan cepat tapi tidak tepat? Justru akan membuat susah diri sendiri. Juga jangan sombong akan kemampuan diri yang merasa bisa segalanya. Huuhuhuu nunjuk jidat sendiri.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar