Bisnis di Dunianya si Maya

Written on 21:20 by Novi Tata

Siapa bilang jualan lewat dunia maya itu mudah? Mungkin hanya kelihatan mudah. Terlihat santai dan uang terus mengalir ke rekening. Namun yang terjadi tidaklah seperti itu. Dalam berinteraksi dengan calon pembeli di dunia maya, mereka butuh penjual yang bisa dipercaya. Pada umumnya kan penjual dan pembeli berada pada jarak yang saling berjauhan. Kondisi barangnya pun hanya bisa dilihat melalui gambar. Di jaman yang serba canggih ini, sebuah gambar yang tadinya biasa-biasa saja bisa dirubah sedemikian rupa sehingga terlihat begitu 'wah'.

Rasululullah juga dulunya pedagang. Beliau kalau mau menjual sesuatu yang memiliki sedikit cacat atau kekurangan, beliau akan memberitahukannya kepada pembeli. Berbeda banget ya sama jaman sekarang yang marak banget aneka jenis tipu-tipu. Oleh karena itu, kepercayaan pelanggan adalah sesuatu yang sangat penting untuk dijaga. Jangan sekali-kali menggunakan unsur penipuan karena secara tidak sadar, Anda sedang menghancurkan bisnis yang sedang berusaha dibangun.

Pedagang online itu memang terlihat santai duduk di depan laptopnya sehari-hari. Namun, mereka harus memastikan barang pesanan pelanggan sampai dengan baik dan tepat waktu. Belum lagi jika ada salah kirim, harus diulang lagi prosesnya dari awal. Kalau kita melihat seorang pedagang online begitu sukses dengan bisnis yang digelutinya, semua itu tentu aja butuh proses yang panjang dan melelahkan. Jangan melihat hasilnya saja, liatlah bagaimana prosesnya.

Menurut pandangan gue pribadi, membuka toko offline itu lebih mudah namun membuka toko online jauh lebih enak. Lebih enak kalau benar-benar diseriusi, bukan hanya sekedar buka dan dibiarkan begitu saja. Pola pendekatan kepada target pasar juga penting, tapi yang ini gue belum tau ilmunya.. haha. Kemudian packaging juga salah satu aspek yang cukup penting. Pelanggan pasti akan lebih senang kalau kemasan produknya lebih eye-catching.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

2 Comments

  1. Elock |

    Pengalaman pribadi nih..

     
  2. Novi Tata |

    Hihii.. share pengalamannya dunk jeng elok, kan udah lebih lama jam terbangnya :)

     

Posting Komentar