Dunia Grafis

Written on 07:33 by Novi Tata

Subdirektorat publikasi dan kompilasi statistik. Ya sudah dua bulan aku ada disini. Rasanya? Campur-campur. Sebagaimana anak magang pada umumnya yang tidak memiliki banyak hal yang harus dikerjakan. Namun disini kami diminta membantu mengembangkan aplikasi web sistem informasi publikasi. 

Koding itu sesuatu hal yang gimanaa gitu. Dibilang suka ya enggak juga, dibilang gak suka ya sedikit suka. Lulusan KS (Komputasi Statistik sebuah PTK di Indonesia) selalu diidentikan dengan dunia koding. Ya memang gak salah juga pandangan seperti itu. Well, dengan bersusah payah ngoding minta dikodingin sama master-master koding di angkatanku, akhirnya program bisa hampir selesai juga. Nah makanya kalau ditanya seluk beluk kodingan gue master-master itu, aku agak sedikit bingung, hahaha. 

Proporsi antara koding dengan main-main selama magang jelas lebih banyak main-mainnya. Baik main-main di dunia nyata sampai main-main di dunia maya, surfing sana-sini. Beruntung di kantor disediakan fasilitas wi-fi meskipun akses jejaring sosial di blok. Hhe yaiyalah masa jam kerja mau mainan fb dan twitter. Bisa sih diakses pakai modem kalau modemnya lagi gak ngambek.

Lalu ada apa sih di subdit publikasi? Unit kerja yang ada di gedung 2 lantai 3 kompleks BPS ini ya tugas dan fungsi pokoknya mengelola publikasi, baik yang tercetak maupun softcopy. Nah disinilah tempat orang-orang yang ahli mendesain cover dan me-layout sebuah publikasi agar sedap dipandang mata. Kalau masalah grafis, serahkan saja pada mereka. 

Beberapa waktu yang lalu bahkan diadakan sharing ilmu dari mereka mengenai desain grafis. Aku yang kemampuan grafisnya masih payah ini tentu aja senang ada pelatihan semacam itu. Lumayan kan daripada lumanyun, wkwkk. Pelatihan grafis ini terdiri dari pelatihan animasi flash, photoshop, dan adobe illustrator. Dari ketiga pelatihan itu semuanya keren-keren, bikin aku berdecak kagum. Namun dari tiga itu, photoshop yang paling ga asing karena selama ini pakai dikit-dikit. Sementara itu, adobe illustrator juga keren. Namun karena basic-nya sama sekali ga ada, aku ketinggalan jauh pas prakteknya. Apalagi ada masalah sama installer cs3-nya di laptop. Huhu makiin ketinggalan jauh. Orang-orang udah sampai Afrika gue masih di Jakarta. Usut punya usut ternyata di laptop udah ada dream weaver cs3 sehingga ada semacem bentrok gitu pas mau di install. Huuhhu mana flash player di laptop udah keburu di uninstall. Jadi sekarang gabisa yutuban. >.< 

Ya beruntung bisa dapat ilmu-ilmu semacam itu yang tidak diajarkan selama perkuliahan karena emang notabene bukan jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual). Pengen belajar semuanyaa, tapi sekarang mau ngoprek photoshop dulu dengan tools yang disediakan. Selanjutnya nanti belajar illustrator. Siji-siji disik lah yo, biar fokus :))

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar