Tak Butuh Bakat Khusus untuk Bersabar

Written on 16:44 by Novi Tata

Sabar identik dengan kegiatan menunggu 'sesuatu'. Orang yang sabar biasanya akan menemukan sesuatu yang ditunggunya itu. Sedangkan orang yang cenderung tidak sabar akan lekas menyerah dalam menunggu 'sesuatu' itu datang. Menurut pandangan gue, orang yang mampu bersabar dalah orang yang kuat menjalani segala sesuatu yang relatif tidak enak dalam masa tunggunya terhadap 'sesuatu'.

Gue sering denger orang-orang bilang, "Kesabaran juga ada batasnya". Hoho itu mungkin sebuah pembenaran terhadap ketidakmampuan dalam bersabar. Sabar memang bukan berarti diam tak berdaya menunggu keajaiban datang. Bukan. Dalam kesabaran juga dibutuhkan usaha agar masa tunggu terhadap 'sesuatu' itu tidak berlangsung sia-sia. Secara naluriah, manusia emang suka sama yang instan-instan. Tuh buktinya mie instan laku.. Hehe. Biasanya sih sesuatu yang instan kurang baik buat kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan psikologis. Misalnya aja ada seseorang yang masuk sebuah PTN favorit melalui cara-cara yang instan, selama menjalani perkuliahan mesti sedikit atau banyak dia akan merasa bersalah.

Gue percaya semua butuh proses, ya semua. Tanaman aja tidak langsung berbuah pada saat di tanam, hhe yaiya lah. Butuh waktu agar tanaman itu menyesuaikan diri sama lingkungan, berbunga, kemudian berbuah. Hujan pun butuh proses, ga langsung ujug-ujug turun air ke bumi.

Kadang denger orang bilang "Gue ini emang orangnya ga sabaran". Wah belum apa-apa udah men-judge diri sendiri ga sabaran. Hasilnya ya beneran ga bisa sabar. Sabar itu emang ga semudah membalikkan telapak tangan. Butuh latihan sedikit demi sedikit. Ngomong teorinya sabar kayak gue ini juga lebih guampang dibanding sama prakteknya yang ampun-ampunan susah. Iya susah, tapi kita bisa kalau kita mau. Mau ga jadi orang yang sabar? Hhe. Dalam sebuah ayat Al Qur'an surat Al Baqarah [2], ayat 153, Allah berfirman : "Wahai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar." Ada satu lagi temennya sabar, ikhlas. Nanti kita bahas yak. :D

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar