Susu Halal, Anak Sehat Ibu Bahagia

Written on 08:52 by Novi Tata


Kenapa harus minum susu

Sumber gambar : Google

Saat ini susu merupakan salah satu sumber nutrisi penunjang bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Susu mengandung keseimbangan nutrisi yang sempurna dan terbukti bermanfaat bagi perkembangan tubuh dan kecerdasan anak. Terdapat dua jenis susu berdasarkan bahan dasar penyusunnya yaitu susu hewani dan susu nabati. Susu hewani dapat dihasilkan dari sapi, kambing, dan lain sebagainya. Sedangkan susu nabati bisa diperoleh dari kedelai. Berdasarkan proses pengolahannya, susu terdiri atas susu murni, susu murni, susu pasteurisasi, dan susu sterilisasi. Kandungan dalam segelas susu antara lain yaitu fosfor, zinc (zat besi), vitamin A, vitamin D, vitamin B12, asam amino, dan asam pantotenat. Komposisi nutrisi tersebut mampu mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi anak. Kandungan vitamin D pada susu sangat berperan dalam mencegah pengeroposan tulang.

Bergizi dan menyehatkan saja tidak cukup 


Dalam era saat ini, menentukan makanan dan minuman yang jelas halal haramnya harus dilakukan secara lebih teliti dan berhati-hati. Cukup sulit memang karena saat ini bertebaran produk-produk yang tidak memiliki sertifikat halal. Terlebih saat memilih makanan dan minuman untuk buah hati kita. Tentu saja tak satu orang tua pun yang menginginkan tubuh putra putri tercintanya tumbuh bersama makanan dan minuman yang haram. 

Susu sehat yang bernutrisi baik dan memiliki varian rasa yang enak saja tidak cukup. Perlu diperhatikan status halal dan haramnya. Meskipun pada dasarnya susu perah sapi halal, kita juga perlu memperhatikan bagaimana proses pengolahannya. Sejak susu sapi diperah masih ada serangkaian proses yang harus dijalani sebelum susu tersebut siap untuk dikonsumsi. Bahan-bahan penunjang dalam proses pengolahan susu juga harus dipastikan halal. Jika bahan-bahan tersebut sudah tercampur bersama susu, maka status halal atau haramnya susu menjadi syubhat (samar-samar). 

Sebagai umat Islam, halal haramnya makanan yang masuk ke tubuh harus senantiasa diperhatikan. Makanan atau minuman yang diharamkan oleh agama sudah pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh. Secara tegas Allah berfirman dalam Al Qur'an surat Al Ma'idah ayat 88, 

dan makanlah makanan yang halal lagi baik (thayib) dari apa yang telah dirizkikan kepadamu dan bertaqwalah kepada Allah dan kamu beriman kepada-Nya”. 

Jika makanan atau minuman yang haram sudah masuk ke tubuh, maka ia akan menjadi daging dan terbawa hingga tua nanti. Oleh karenanya akan sulit sekali mengembalikan makanan haram yang telah masuk ke dalam tubuh. Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memilah dan memilih makanan apa saja yang boleh masuk ke dalam tubuh. 

Status halal atau haramnya makanan yang beredar di Indonesia dikelola oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia).  Label halal pada produk makanan atau minuman dari LPPOM mutlak sangat diperlukan ada dalam produk yang akan dikonsumsi. 

Yang enak banyak, yang menjamin halal

Susu olahan atau yang lebih dikenal susu formula yang beredar di pasaran saat ini tidak terhitung banyaknya. Dari segi inovasi rasa, cukup banyak pilihan seperti rasa coklat, vanila, strawberry, jeruk dan lain sebagainya. Namun produk susu yang melakukan inovasi yang sehat dan halal tidak banyak. Untuk apa memilih susu yang varian rasanya beragam jika status halalnya masih diragukan? Salah satu susu yang melakukan inovasi yang sehat dan halal adalah produsen susu Frisian Flag. Inovasi baru susu Frisian Flag 123 dan 456 diperkaya dengan isomaltulosa yang terbukti secara klinis berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak. Sertifikasi halal dalam produk  tersebut merupakan salah satu jawaban atas kegundahan para ibu-ibu dalam memilihkan susu pertumbuhan untuk anak-anaknya. Para ibu ingin anaknya tumbuh sehat dan kuat tanpa kekhawatiran mengenai status halal atau haramnya asupan makanan untuk tubuh buah hatinya. Inilah pentingnya susu inovasi yang sehat dan halal untuk pertumbuhan anak. Karena anak sehat, ibu bahagia. Ayo minum susu yang halal

*Tulisan ini dibuat dalam rangka lomba blog yang di adakan oleh BLOGdetik bekerja sama dengan LPPOM MUI dan Frisian Flag dengan tema Susu Inovasi yang Sehat dan Halal untuk Pertumbuhan Anak.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar