Penempatan Oh Penempatan

Written on 08:12 by Novi Tata

Sudah dua bulan aku di Lasusua, sebuah kota kecil di ujung utara Sulawesi Tenggara. Tidak pernah terbayangkan sebelumnya untuk menginjakkan kaki di kota ini. Kalau karena bukan tugas negara, niscaya tidak akan pernah sampai sini. Keluarga besarku sebagian besar tinggal menetap di Pulau Jawa, sebagian kecil lainnya di Pulau Sumatera. 

Semua tergantung bagaimana cara kita memandangnya saja, termasuk penempatan. Kalau sejak awal aku mengganggap penempatan ini adalah sebuah musibah, niscaya aku ga akan pernah tenang dan berpikir keras bagaimana caranya agar lekas pindah dari sini. Namun kalau aku menganggapnya sebagai sebuah anugrah, maka aku akan menjalani setiap penggal kehidupan disini dengan senang hati. Meskipun kehidupan ini tidak pernah menjanjikan untuk selamanya senang. Masalah itu lumrah-lumrah saja mampir dalam hidup kita. 

Semenjak ada di Lasusua ini, terlebih sejak pindah ke kontrakan baru, aku sangat suka memasak. Meskipun hanya sederhana saja. Aku sangat menghindari makan mie instan, aku tidak suka mie instan kecuali dalam keadaan sangat mendesak. Dahulu sewaktu masih tinggal sama orang tua di Jawa, selalu ibu yang membuatkanku masakan. Jadi aku tinggal makan saja. Beda dengan kondisi saat ini, semua harus dipersiapkan sendiri, dari A sampai Z. Dari beli mitan, bahan-bahan memasak, meracik, memasak hingga menyantapnya sendiri, hahaa. 

Aku menyadari bahwa ada banyak teman-teman yang memiliki kondisi yang sama sepertiku. Mereka tersebar di seluruh penjuru negeri ini. Kalau mereka bisa kuat, aku pun bisa. Memang terkadang terasa sangat sepi. Namun itu karena aku belum tergabung dalam organisasi mana pun di Lasusua ini. Selama berada di kota kecil ini, semoga hidupku lebih baik dari hari ke hari. Lebih dekat sama Allah, Al Qur'an dan sunah-sunah nabi Muhammad. Ya banyak hal tentang Islam yang perlu kupelajari.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Posting Komentar